jpnn.comJAKARTA – Negara tetangga, Malaysia semakin jauh meninggalkan Indonesia dalam upaya melahirkan proyek mobil nasional masa depan. Bernama New National Car Project (NNCP) Malaysia, akan memulai debut pada 2020.

Disampaikan oleh Menteri Pengembangan Usaha Mohd Redzuan Yusof, bahwa proyek mobil nasional (mobnas) itu akan dibuat penuh di Malaysia. Lansir Paultan.org, proyek ini akan menghubungkan antar kementerian dan pihak industri di Malaysia. .

Redzuan melanjutkan, nama kendaraan akan diumumkan pada akhir tahun ini, sementara model purwarupa dari NNCP diharapkan akan siap pada awal tahun depan.

Menariknya, proyek mobil nasional terbaru mereka nanti sudah pada pengembangan ke teknologi masa depan, yakni mobil semi otonom.

“Kami sekarang memilih dua hingga tiga mitra untuk berpartisipasi dalam proyek ini, termasuk Silterra dan CTRM, dan mengharapkan ada sesuatu yang dapat disepakati pada akhir tahun ini,” kata dia.

Silterra adalah produsen semikonduktor Malaysia yang berbasis di Kulim. Sementara Composites Technology Research Malaysia (CTRM) memiliki keahlian memproduksi komponen komposit terutama untuk struktur aeronautika.

Upaya serius Malaysia dalam mewujudkan industri otomotif mandiri patut dicontoh oleh Indonesia. Terutama mengutamakan industri komponen pendukung lokal untuk ikut serta, termasuk kekompakan antar departemen pemerintah dalam mendukung proyek tersebut.

Redzuan menjelaskan, proyek mobil nasional itu diharapkan bisa mendorong pertumbuhan bisnis sekitar 500 pemasok dan vendor otomotif baru, serta lebih dari 100 wirausaha baru. (mg8/jpnn)